Header Ads

Baterai Ultium Mengejutkan Industri Otomotif, Kolaborasi General Motors dan LG Electronics




 

Hai kawan-kawan general motor pernah memimpin dunia dalam penjualan mobil dan masih menjadi pemimpin penjualan di Amerika Serikat namun posisi Jenderal motor terus Mengalami penurunan pasar dan mulai panik saat era kendaraan listrik benar-benar menerobos Amerika sesuatu yang awalnya dianggap sepele oleh para pemimpinnya ekspansi Tesla dan perkembangan kendaraan listrik membuat pasar Amerika semakin ketat sebagian masih menggemari mobil bensin tapi sebagian sudah sangat menikmati fitur dari kendaraan listrik upaya merespon situasi dengan membuat beberapa kendaraan Ify malah mengalami Recall besar-besaran karena cacat pada baterai sebagai manufaktur yang sudah mapan dukungan politik yang besar juga diperoleh dari pemerintah Amerika bahkan terkesan berlebihan khususnya coba Eden yang berulang kali memuji JM sebagai kendaraan listrik Amerika dan mengabaikan Tesla padahal dari sisi penjualan mobil listrik cm hanya seujung kuku dari Tesla perusahaannya di PIN oleh Mary barra ini sadar jika tidak segera ngebut riset dan mengembangkan kendaraan listrik kemungkinan besar perusahaannya akan menjadi fosil peradaban atau bernasib seperti Nokia cm pun memutar strategi dan mulai fokus membuat sistem terpadu meliputi baterai berkinerja tinggi Smart baterai management system wireless dan motor penggerak torsi tinggi sistem didesain mengikuti sebuah platform utama yaitu baterai ulti Um Ambisi Jenderal motor diwujudkan dengan menjalin kemitraan dengan LG membuat baterai yang diklaim sebagai generasi terbaru yang akan mengubah arah permainan kendaraan listrik Selain itu cm juga membangun aliansi dengan Honda untuk produksi Honda prolog Kyle elektrik untuk pasar Amerika menggandeng LG adalah pilihan rasional mengingat tidak ada yang mampu mengungguli teknologi baterai yang dikembangkan oleh perusahaan dari Asia terutama Korea Selatan Jepang dan Cina sel baterai lithium menggunakan bahan nikel kobalt mangan aluminium atau SMA teknologi revolusioner yang juga dikembangkan oleh perusahaan baterai Indonesia sebagai gambaran pada tahun 2010 baterai 10,6 KWH kendaraan Chevrolet produksi cm harganya diperkirakan mencapai 1.000 Yes Dollar dengan teknologi baterai lithium biaya akan berkurang hingga 90% biaya bisa ditekan rendah karena mengurangi kandungan kobalti hingga 70% dan menggantinya dengan nikel mangan dan aluminium sel baterai lithium berbentuk pouch berukuran panjang 58 cm lebar 10 cm dan tebal satu cm memiliki berat 1,4 kg yang mampu menyimpan 0,3 07 KWH per sel-sel baterai dapat dipasang secara horizontal atau vertikal memberikan fleksibelitas dalam desain baterai page 24 sel bisa digabungkan menjadi satu modul baterai dan dari enam liga24 modul bisa digabungkan menjadi the baterai dengan kapasitas total 50 KWH hingga 200 KWH misalnya untuk JMC Hammer fe2 paket baterai dari 12 modul masing-masing bisa dihubungkan secara seri maupun paralel jika di seri memungkinkan pengisian cepat hingga 800 volt DC cm mengklaim bahwa pengisian cepat berulangkali tidak akan menurunkan kinerja baterai baterai ultio memiliki fitur sistem manajemen baterai nirkabel atau webmd trobosan arsitektur baterai seperti ini pertama kali dilakukan oleh produsen mobil webmd dikembangkan dalam kemitraan dengan perangkat Analog dan berkontribusi untuk mengurangi biaya baterai sehingga mengurangi jumlah kabel hingga 90% dan mengurangi volume secara keseluruhan sebesar 15% sistem JM untuk mengelola paket baterainya juga berbeda dari para pesaingnya platform multi Um memungkinkan cm untuk menjalankan sel baterai dengan bahan kimia yang berbeda dalam kemasan yang sama sehingga khas bagian dari baterai tak dapat diganti Seiring berjalannya waktu atau ketika terjadi kerusakan sistem baterai lithium akan digunakan pada fitur motor listrik 3 varian yaitu yang pertama motor penggerak depan 180 kilo watt atau 241 house power yang kedua motor penggerak depan dan penggerak belakang 255 kilowatt atau 342 house power yang terakhir adalah motor penggerak aksi Salwa drive 62 kilowatt atau 83 house power motor dapat dikonfigurasi dalam kombinasi penggerak roda depan penggerak roda belakang dan penggerak semua roda atau all Whell drive inovasi seperti inilah yang menurut general Motors akan menjadikannya pemimpin dalam Ify di Amerika pada tahun 2025 selain jajaran mobil general Motors baterai lithium juga akan digunakan oleh mobil Honda prolog kendaraan scv listrik Honda yang bekerjasama dengan jendral motor jendral motor juga akan merilis berbagai kendaraan Legends khususnya pada format full elektrik seperti Hammer Chevrolet baik format flv maupun pick up offroad Apa pengaruh sistem baterai kultum ini bagi Indonesia kemungkinan besar desain baterai ulti Um yang dikembangkan secara besar-besaran di Amerika memiliki topologi desain seperti baterai SMA yang diproduksi oleh Indonesia dan LG struktur baterai yang kayak nikel dan mengurangi komposisi coba lithium diklaim akan sangat Superior bahkan dibandingkan dengan baterai Blade leboh dari BD sekalipun jika baterai lithium bisa sukses mengembalikan kejayaan Jenderal motor maka struktur baterai yang Indonesia banget karena penggunaan nikel yang tinggi akan menjadi platform standar Global jika kita bisa menjaga ekspektasi dengan kerja keras dan inovasi pendulum ekonomi dan energi dunia akan berpihak kepada kita dengan


kawan demikian terima kasih


Tidak ada komentar